Guru SD Harus Mampu Mandiri Membuat Soal Ujian Sekolah

0
42

PALEMBANG – Sebanyak 15 guru Sekolah Dasar (SD) dari Kecamatan Gandus mengirimkan perwakilannya dalam pembuatan master soal. Kegiatan pembinaan pembuatan master soal digelar di SDN 146 Palembang yang beralamat Jalan Lettu Karim Kadir Gang Belut Sawah Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Gandus Palembang.
Ketua Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) kecamatan Gandus Adinseno, Saat dijumpai usai memberikan pelatihan di SDN 156 Palembang Rabu (15/3),  mengatakan dirinya bersama pengawas secara bertahap memberikan pembinaan secara rutin. Termasuk dalam peningkatan kemampuan membuat soal ujian atau master soal, seperti membuat kisi-kisi soal yang baik dan benar. “Sebab dengan diberikan pembinaan ini diharapkan para guru bisa mandiri membuat soal Ujian Sekolahnya, tidak ketinggalan setiap master soal harus tetap sama yang dipelajari siswanya,” katanya.
Untuk pembuatan master soal pastinya sesuai dengan standar pendidikan yang ada di Indonesia. Mereka harus bisa membuat soal mulai dari standar soal rendah sebesar 50 %, lalu menengah 30 % dan terakhir kesulitan 20 %. “Perbedaan mendasar dari jenis soal ini bagaimana tuntutan jawabannya. Kalau mudah ya tanpa berfikir bisa terjawab, untuk menengah jawabannya agak panjang, dan kalau sulit siswa harus bisa menjabarkan dan membutuhkan pemikiran tinggi,” jelasnya.
Pembuatan master soal sendiri dimulai dari kelas 3 sampai kelas 6. Tentunya semakin tinggi kelas, semaki sulit juga soal yang harus dibuat. “Secara individu pembuatan soal akan sangat bermanfaat dalam menentukan jenis evaluasi pembelajaran siswa di sekolah. Apalagi guru bisa mempelajari soal ulangan harian atau soal semesteran,” paparnya.
Selain itu, master soal sendiri berguna dalam penilaian hasil belajar, serta bagian dari evaluasi belajar yang digunakan sebagai sarana mengukur kemampuan atau perilaku siswa. “Master soal sendiri terdiri 7 pelajaran diantaranya PKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, Olahraga dan SBK. Memang pembuatan soal dilakukan saat kenaikan kelas atau semester 2. Jadi master soal ini dibuat dua versi yakni pilihan ganda dan uraian,” ungkapnya.
Diketahui, Jadwal Ujian praktek SD digelar pada tanggal 3 sampai 7 April. Kemudian jadwal ujian Ujian Utama atau Ujian Nasional dilaksanakan dari tanggal 15 Mei sampai 17 Mei, lalu untuk Ujian Susulan SD dari tanggal 22 Mei sampai 24 Mei mendatang. (hasan basri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.