UKK Itu Standar Kompetensi Lulusan

0
49

PALEMBANG –

Kepala SMK Negeri 5 Palembang Drs. H. Zulkifli M.Pd menyebutkan bahwa Ujian Kompetensi Keahlian atau UKK merupakan bagian dari penilaian hasil belajar siswa di sekolah menengah kejuruan. Hasil UKK juga  dapat dijadikan indikator tercapainya standar kompetensi lulusan yang bermanfaat bagi sekolah dan peserta didik saat mencari pekerjaan maupun dunia industri.

“Ujian Kompetensi Keahlian yang dilaksanakan di SMKN 5 Palembang tak lain  bertujuan untuk melihat standarisasi kelulusan dari siswa. Dan,  UKK yang berlangsung ini berupa ujian praktik yang setiap jurusannya itu berbeda-beda,” kata Zulfikri, Selasa 28 Februari 2017.

Ia menambahkan, UKK pada siswa SMK bagian dari ujian nasional. Hasil uji kompetensi pun jadi indikator atas ketercapaian standar kompetensi lulusan sebagaimana yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 28 Tahun 2009. Sedangkan hasil uji kompetensi bagi para stakeholder adalah bahan yang akan dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki si calon tenaga kerja (siswa lulusan SMK). Uji kompetensi keahlian pada siswa SMK terdiri atas ujian Teori Kejuruan dan ujian Praktik Kejuruan,”jelasnya.

“Kurikulum SMK dikembangkan dan dilaksanakan menggunakan pendekatan berbasis kompetensi (competency-based curriculum). Karena itu UKK harus menggunakan metode penilaian berbasis kompetensi (competency-based assessment),” dikatakannya.

Sambung Zulkifli, pelaksanaan uji kompetensi berbasis kompetensi diarahkan untuk mengukur dan menilai performansi peserta uji meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

“Jadi UKK bertujuan mengukur pengetahuan dan pemahaman peserta didik terhadap landasan keilmuan di samping menguji analisis, daya nalar, dan penyelesaian masalah. Sedangkan  Ujian Praktik Kejuruan mengukur kemampuan atau performansi peserta uji dalam mengerjakan sebuah penugasan atau membuat suatu produk sesuai tuntutan standar kompetensi,” sebutnya.

Menurut Zulfikri, setelah melaksanakan UKK, siswa-siswi nantinya akan mendapatkan piagam, dan dari piagam itulah sebagai poin mereka untuk melamar pekerjaan setelah lulus nanti.

Dra. Mardiah Fitriyanti selaku Ketua Pelaksana UKK menambahkan, realisasi UKK dalam semua bidang  keahlian  di SMK Negeri 5 Palembang dilangsungkan mulai 27 – 28 Februari sampai 3 Maret 2017.

Bagaimana dengan persiapan? Jawab Mardiah, semuanya tergantung dengan permohonan dari setiap jurusan. Membaca peraturan yang baru tentang UKK, karena setiap tahun peraturan mengalami perubahan.

“Nah, UKK kali ini hanya memersiapkan tiap jurusan setelah itu baru mengerjakan ke panitia utama seperti apa yang diperlukan, berapa hari kegiatannya dilaksanakan, seperti apa prosedurnya. Baru dirangkum oleh panitia dan diberikan jadual pada setiap jurusan setelah itu nanti informasikan dan melakukan rapat kembali,” ungkapnya.

Dia berkata, untuk tim penguji UKK itu sengaja didatangkan dari internal dan eksternal. “Kalau yang dari internal adalah dari guru yang ditunjuk  sesuai kompetensinya dan dari eksternal dari dunia industri yang terkait dengan kompetensi jurusan,” ujarnya. (hasan basri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.